Walau Berusia, Totti Tetap Merajai Predikat Rasio Menit/Gol Tahun 2016

Serie A Mins per Goal Ratio 2016, Francesco Totti, AS Roma, Gonzalo Higuainm, serie A, Liga Italia
Serie A Mins per Goal Ratio 2016

Francesco Totti merupakan pemain gelandang serang dari AS Roma yang sudah sangat lama dan setia membela Giallorossi dari tahun 1992. Petualangannya bersama Roma selama 20 tahun lebih itu belum termasuk jenjang yang sebelumnya sempat Ia ikuti dari tahun 1989 untuk membela klubnya Memang kini Ia tak sudah tidak muda lagi, sejak tanggal 27 September 2016, usianya sudah berkepala 4, akan tetapi keahlian dari sang pemain berdarah Itali ini seakan akan tak lekang oleh waktu dan tak terpengaruh usia , terutama dalam hal menjebol gawang lawannya.

Totti dipercaya sebagai kapten AS Roma walaupun Ia tak lagi menjadi pilihan utama di Roma. Ia lebih jarang menjadi starting player dan lebih sering berada di bangku cadangan. Namun saat diberi kesempatan untuk merumput, ia tak pernah mengecewakan. Malah hingga saat ini Ia tercatat menjadi mesin gol terbanyak kedua sepanjang sejarah Serie A dimana posisi pertamanya diisi oleh Silvio Piola. Piola berhasil menggetarkan gawang lawan sebanyak 274 gol selama periode 1929-1954, namun Totti hingga saat ini masih bermain dan mungkin akan bertambah lagi.

Bahkan sang pemain bernomor punggun 10 ini tercatat sebagai pemain dengan perbandingan menit / gol terbaik di Serie A di sepanjang tahun 2016 (catatan : minimal 70 menit penampilan). The King of Rome berada di peringkat pertama dengan rata-rata 1 gol setiap 75 menit.

Ia bahkan mengungguli striker yang sedang booming yaitu Gonzalo Higuain (yang pernah membela Napoli dan kemudian di awal musim kompetisi pindah ke  Juventus), Edin Dzeko, maupun Miroslav Klose.

Sejak penampilan perdananya dalam pertandingan melawan Brescia pada 28 Maret 1993, Totti telah berhasil menjebol gawang lawan sebanyak 250 gol hingga kini dalam 608 penampilan di Serie A saja dan menariknya Ia hasilkan hanya dengan satu klub saja yaitu Roma.

Ia sudah menjalani 23 musim secara beruntun hingga musim inidan telah tercatat rajin menyumbangkan angka dari gol pertamanya saat melawan Foggia di musim 1994/95. Dan setelah menyentuh gawang pertama kalinya, Ia selalu ikut andil membantu Roma dalam meraih angka di tiap musimnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *